Tehnik Belajar SEO Bagi Pemula

Bagi para pecinta bisnis online dan para internet marketing tentu saja sudah tidak asing lagi dan sangat mengenal apa yang disebut dengan Teknik Belajar SEO. Teknik belajar SEO adalah sebuah teknik internet yang bertujuan menaikkan popularitas dan pengunjung website atau blog kita. Jika sebuah blog, website dan toko online memiliki popularitas serta traffic kunjungan yang tinggi, maka peluang bisnis online yang Anda jalankan sudah pasti lebih besar untuk mendatangkan dan menambah pelanggan. Selain itu, banyaknya pengunjung yang akan menaikkan rating blog atau website anda di mesin pencari otomatis seperti Google. Teknik ini sebenarnya bisa dipelajari dengan mudah dari artikel-artikel di website yang banyak dipostingkan. Namun tak jarang setelah belajar SEO dari sebuah artikel, website anda tidak mengalami perkembangan yang signifikan, kadang malah menurun, Padahal tujuan dasarnya belajar SEO adalah untuk membuat blog atau website anda berada di daftar pencarian utama mesin pencari ketika ada seseorang mengetikkan kata kunci tertentu. Misalnya ketika ada seseorang membutuhkan mobil bekas, motor bekas, handphone bekas dan mereka mengetikkan kata kunci “jual mobil bekas” di halaman mesin pencari, maka blog atau website yang bergerak di bidang jual beli mobil bekas dan semacamnya akan ditampilkan pada daftar pencarian Google, tentu saja yang berada pada daftar tersebut adalah blog atau website yang menerapkan teknik SEO paling efektif. Dari penjelasan tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa dengan mengoptimalkan SEO sebuah blog atau website, bisnis online anda akan mendapatkan peluang yang lebih besar untuk menarik perhatian calon pelanggan. Untuk itu, belajar SEO sangatlah penting jika anda adalah seseorang yang sedang menggeluti bisnis online ini. Berikut ini adalah dua hal dasar yang harus anda fahami sebelum dimulai dengan mengoptimalkan konten atau artikel pada blog anda :

Penulisan Konten atau Isi Blog

Konten dalam sebuah blog atau website sangat penting untuk menunjang SEO. Teknik Belajar SEO ini biasanya akan berpusat pada artikel atau postingan tertulis di blog atau website Anda. walaupun kadang bisa dengan menggunakan foto, namun terjadinya pengaruh yang paling besar biasanya terdapat dari konten artikel. Untuk sebuah artikel pendek anda bisa memasang 3 kata kunci saja sedangkan untuk artikel yang agak panjang, disarankan untuk memasang kata kunci yang tidak lebih dari lima kata kunci. 

Buatlah Artikel Original (Asli hasil ketikan dan karya Anda )

Search Engine sangat tidak suka dengan namanya duplikat konten atau artikel hasil contekan atau copy paste dari blog atau website lain. Buatlah artikel yang bermanfaat bagi pengunjung dan hasil karya ketikan Anda sendiri. Apabila memaksa untuk mengambil materinya dari blog lain, Anda bisa mempelajari dulu artikel tersebut kemudian tuangkan dalam artikel lain dengan gaya bahasa Anda sendiri. Saya pernah membaca artikel dari beberapa teman blogger lainnya yang mambahas SEO untuk pemula, mereka menyebutkan bagi pemula yang benar-benar tidak tahu tentang SEO tetapi ingin menerapkan pada blognya, maka cukup membuat sebuah artikel yang original dan bermanfaat untuk pengunjung, itu saja sudah cukup membantu blog anda bisa bersaing dengan blog lainnya.

Tulislah Artikel minimal 300 kata

Kadang-kadang pemilik blog atau website tidak memahami betapa pentingnya jumlah kata dalam sebuah artikel, khusunya blog toko online, kadang pemilik blog hanya mencantumkan gambar produk dan sedikit spesifikasi, di perparah dengan uraian spesifikasi produk tersebut adalah hasil copy paste dari blog lain, sehingga konten blog anda bisa di anggap mesin pencari sebagai low quality content dan ini akan berdampak buruk terhadap toko online Anda. Jadi buatlah setiap uraian dari produk Anda diibaratkan sebagai sebuah artikel layaknya kalimat.

Jalin Silaturrahim dengan pengunjung blog atau website

Biasanya sebuah website yang banyak komentar atau menjalin interaksi yang intens dengan pembaca ratingnya akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan website yang jarang menjalin interaksi dengan pengunjungnya. Maka usahakan untuk membalas semua komen serta membuat postingan di website yang dapat dengan mudah dikomentari tanpa menyertakan alamat email atau persyaratan lainnya. 

Tahap selanjutnya adalah pelajari lebih mendalam tentang seo on page dan seo off page, tentu saja harus bertahap jangan melompat-lompat dari tahap satu langsung tahap finish.

0 comments:

Post a Comment